Jumat, 17 Juli 2009

Koboi

Seperti biasa setiap pagi saya mengantar anak bungsu saya ke sekolah naik motor. Dalam perjalanan 10-15 menit itu banyak obrolan terjadi. Biasanya yang membuka pembicaraan adalah anak saya, Adnan.


Kali ini ujug-ujug dia menanyakan tentang koboi.

Adnan : Ayah, koboi itu banyak nggak….?

Saya : Ya, banyak…

Adnan : Aku mau jadi koboi, deh kalo sudah gede.

Saya : O ya?

Adnan : Ya!

Saya : Tahu nggak kamu, koboi itu apa?

Adnan : Emang apa?

Saya : Penggembala sapi.

Adnan : Hah…., masak….

Saya : Iya.

Adnan : Terus kudanya untuk apa?

Saya : Untuk ngejar kalau ada sapi yang lepas. Lalu dijerat pake tali.

Adnan : ……….

Saya : Koboi bawa tali, kan?

Adnan : Iya….. oh jadi tali itu untuk menangkap sapi yang lepas, to…

Saya : Iya..

Adnan : kalau sapi yang lepas banyak, teman-temannya ikut Bantu ya?

Saya : Iya…

Adnan : semua dijerat pake tali…. Wui hebaat….

Saya : atau digiring ……

Adnan : digiring itu apa? (Adnan suka main bola. Mungkin bayangan dia digiring, kok

kayak bola aja).

Saya : Di kepung agar sapinya lari terus sampai ke kandangnya…


Pembicaraan tidak selesai atau selesai sampai disini. Jalanan yang padat mengalihkan perhatian Adnan kepada yang lain. Apalagi ketika saya harus menyeberangkan motor saya ke kanan menuju jalan ke sekolahnya. Ketika lampu sein saya nyalakan tidak ada motor yang memberi jalan. Baik yang dari arah berlawanan maupun dari belakang saya…..


Biasanya Adnan mengumpat… “Dasar!” Menirukan umpatan saya…….

Anak-anak memang peniru yang baik.


Cikarang Baru, 17 Juli 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar